Minggu, 07 Juli 2013

KABUPATEN DI PROVINSI JAWA TENGAH


I.         PENDAHULUAN
 
Jawa Tengah adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa di sebelah utara. Luas wilayahnya 32.548 km², atau sekitar 25,04% dari luas pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah juga meliputi Pulau Nusakambangan di sebelah selatan (dekat dengan perbatasan Jawa Barat), serta Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa.
Pengertian Jawa Tengah secara geografis dan budaya kadang juga mencakup wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jawa Tengah dikenal sebagai "jantung" budaya Jawa. Meskipun demikian di provinsi ini ada pula suku bangsa lain yang memiliki budaya yang berbeda dengan suku Jawa seperti suku Sunda di daerah perbatasan dengan Jawa Barat. Selain ada pula warga Tionghoa-Indonesia, Arab-Indonesia dan India-Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi ini. Selain itu, provinsi Jawa Tengah ini memiliki 29 kabupaten dan 6 kota madya. Berikut  penjabaran terkait tentang kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

II.      RUMUSAN MASALAH

A.    Apa sajakah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah?
B.     Bagaimanakah simbol / lambang pada tiap-tiap kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah?
C.     Bagaimanakah semboyan pada masing-masing kabupaten di Provinsi Jawa Tengah?
D.    Apa sajakah ciri khas yang dimiliki oleh tiap-tiap kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah?

III.    PEMBAHASAN

1.         KABUPATEN BREBES
 Motto Kabupaten Brebes adalah “Brebes BERHIAS”  (Bersih, Hijau, Aman, Sehat). Beberapa Objek wisata yang ada di Kabupaten Brebes antara lain:
Waduk Malahayu, Pemandian Air Panas Cipanas Kedungoleng, Cagar Alam Telaga Ranjeng, Air Terjun Waru Doyong dan Kebun Durian Antap Sari di desa Rajawetan , Tonjong.

2.         KABUPATEN TEGAL
 Batas-batas wilayah Kota Tegal adalah Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Brebes, Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa, Sebelah Timur dan Selatan berbatasan dengan Kabupaten Tegal. Dan Hari jadi kota Tegal adalah tanggal 12 April 1580. Kota Tegal berada di jalur pantai utara (pantura) Jawa Tengah dan menghubungkan berbagai kota yang ada di Pulau Jawa. Bahasa yang digunakan oleh masyarakat di Kota Tegal yaitu Bahasa Tegal. Serta terdapat Pusat perbelanjaan seperti : Pacific Mall, Dedy Jaya Plaza, dan Rita Super Mall.
3.        KABUPATEN PEMALANG
 
Motto Kabupaten Pemalang yaitu : Pemalang IKHLAS "Indah, Komunikatif, Hijau, Lancar, Aman, Sehat". Makanan khas Pemalang antara lain nasi grombyang, lontong dekem, sate loso, tauto, kamir dan apem comal. Sedangkan Obyek wisata yang terkenal di Kabupaten Pemalang adalah Pantai Blendung, Water Boom di Pantai Widuri, dan Cempaka Wulung di dataran tinggi Moga.

4.        KABUPATEN PEKALONGAN
 Pekalongan, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Batas-batas wilayahnya adalah Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa, Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Batang , Sebelah Selatan dan Barat dengan Kabupaten Pekalongan. Terdapat eberapa stadion yang ada di Kota Pekalongan, antara lain: Stadion Gelora Bumi Batik, Stadion Bumirejo, dan Stadion Kuripan Lor.
5.        KABUPATEN BATANG
 Motto Kabupaten Batang yaitu “Batang Berkembang”. Terminal angkutan Bus terpenting di Kabupaten Batang adalah Terminal Banyuputih dan Terminal Limpung. Dan Wilayah Kabupaten Batang ini dibagi menjadi 15 Kecamatan.




6.        KABUPATEN KENDAL
Motto Kabupaten Kendal yaitu “NGESTI WIDDHI”.  Slogan pembangunan Kabupaten Kendal yaitu Kendal BERIBADAT  yang artinya Kendal bercita-cita menjadi daerah yang Bersih, Indah, Barokah, Damai, Aman dan tertib. Dan beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Kendal yaitu Curug Sewu, Pemandian air panas Gonoharjo Nglimut, Pantai Jomblom, Pantai Sendang Sekucing, Agrowisata kebun teh Medini, Goa Kiskendo, Kolam Renang Boja, dll.

7.        KABUPATEN TEMANGGUNG
 Motto Kabupaten Temangung yaitu : “Swadaya Bhumi Phala”. Objek wisata yang ada, antara lain: Jumprit dan Curug Lawe.
8.        KABUPATEN SEMARANG
 Slogan Kabupaten ini adalah sebagai Bumi Serasi yang merupakan akronim dari "Sehat, Rapi, Aman, Sejahtera, dan Indah". Motto Kabupaten Semarang yaitu “Dharmottama Satya Praja”. Sedangkan Beberapa contoh objek wisata yang ada di Kabupaten Semarang yaitu: Gedong Songo, Museum Perjuangan Palagan Ambarawa, Museum Kereta Api Ambarawa, Rawa Pening, Taman Wisata Ria Permai, dll.
9.        KABUPATEN DEMAK
 Motto Kabupaten Demak yaitu “Demak BERAMAL” (Bersih, Elok, Rapi, Anggun, Maju, Aman dan Lestari). Beberapa objek wisata di Kabupaten Demak antara lain: Wisata Bahari Morosari, di Bedono, Masjid Agung Demak, di Bintoro dan Makam Sunan Kalijaga, di Kadilangu.
10.    KABUPATEN JEPARA
 Motto Kabupaten Jepara yaitu “Trus Karyo Tataning Bumi” yang artinya "Terus bekerja keras membangun daerah". Jepara mendapat julukan sebagai kota ukir. Wisata alam yang ada di Kabupaten Jepara antara lain: Pulau Karimunjawa dan gugusannya, Pulau Panjang, Pulau Mandalika, Pantai Kartini, Pantai Tirto dll.

11.    KABUPATEN KUDUS
 Motto Kabupaten Kudus yaitu “Nagari Carta Bhakti” 
Slogan Kabupaten Kudus yaitu “SEMARAK (Sehat, Elok, Maju, Aman, Rapi, Asri & Konstitusional)”. Kudus dikenal sebagai kota penghasil rokok kretek terbesar di Jawa Tengah. Daerah Kudus dijuluki sebagai kota santri dan di Kabupaten Kudus terdapat 3 makam wali/sunan, yaitu Sunan Kudus , Sunan Muria dan Sunan Kedu. Wisata alam nya meliputi: Air Terjun Monthel, Puncak Songolikur, Puncak Argojembangan dan Argowiloso, Air Tiga Rasa (Rejenu) dan Water boom Mulia Kajar.

12.    KABUPATEN PATI
Semboyan Kabupaten Pati adalah BUMI MINA TANI yang merupakan kependekan dari : Berdaya, Upaya, Menuju, Identitas Pati, Makmur, Ideal, Normatif, Adil, Tertib, Aman, Nyaman, Indah.

13.    KABUPATEN REMBANG
Motto kabupaten Rembang yaitu BANGKIT
Di kabupaten ini terdapat tambak garam dan Makam RA.Kartini.
14.    KABUPATEN BLORA
 
Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati di utara, Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro (Jawa Timur) di sebelah timur, Kabupaten Ngawi (Jawa Timur) di selatan, serta Kabupaten Grobogan di barat. Blok Cepu, daerah penghasil minyak bumi paling utama di Pulau Jawa, terdapat di bagian timur Kabupaten Blora.
15.    KABUPATEN GROBOGAN
 Motto Kabupaten Grobogan yaitu “Grobogan bersemi”. Beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Grobogan yaitu Bledug Kuwu, Api abadi Mrapen dan Makam Ki Ageng Selo.
16.    KABUPATEN SRAGEN
 Motto Kabupaten Sragen yaitu “Aman Sehat Rapi Indah (ASRI)”. Di Kabupaten Sragen terdapat Kawasan Sangiran yang merupakan tempat ditemukannya fosil manusia purba dan binatang purba, yang sebagian disimpan di Museum Fosil Sangiran.
17.    KABUPATEN KARANG ANYAR
 
Motto kabupaten Karanganyar yaitu  “Tenteram (Tenang Teduh Rapi Aman Makmur)”. Salah satu objek wisata yang terkenal di kabupaten Karanganyar yaitu Air Terjun Grojogan Sewu.

18.    KABUPATEN WONOGIRI
 Motto Kabupaten Wonogiri yaitu “Sabda Sakti Nugrahaning Praja”. Di Kabupaten Wonogiri terdapat sebuah waduk atau bendungan bernama Waduk Gajah Mungkur.

19.    KABUPATEN SUKOHARJO
Kabupaten Sukoharjo adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Pusat pemerintahan berada di Sukoharjo, sekitar 10 km sebelah selatan Kota Surakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surakarta di utara, Kabupaten Karanganyar di timur, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Gunung Kidul di selatan, serta Kabupaten Klaten di barat.

20.    KABUPATEN KLATEN
 Kota Klaten adalah kota idaman karena daerahnya yang subur, strategis dan tingkat perkembangan yang pesat. Kota ini telah banyak melahirkan putra-putra bangsa yang cerdas dan berwibawa. Daerah pariwisata terkenal di Kabupaten Klaten adalah :
Candi Prambanan, Makam Sunan Bayat dan Sunan Pandanaran di Paseban-Bayat.
21.    KABUPATEN BOYOLALI
 Kabupaten Boyolali adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Grobogan di utara; Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta (Solo) di timur; Kabupaten Klaten dan Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan; serta Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang di barat.

22.    KABUPATEN MAGELANG
Motto Kabupaten Magelang yaitu: “Magelang Gemilang” yang artinya (Gemah Ripah Iman Cemerlang). Beberapa obyek wisata religi yang ada di Kabupaten Magelang antara lain Langgar Agung Pangeran Diponegoro, Makam Kyai Condrogeni, Makam Sunan Geseng, Makam Raden Santri, dsb. Makanan khas Magelang di antaranya dan yang paling eksotis adalah makanan camilan yaitu si gurih kriuk Pothil Magelang, gethuk trio, wajik salaman, tape ketan muntilan, kupat tahu, sop senerek, dan salak nglumut magelang.

23.    KABUPATEN WONOSOBO
 
Wonosobo ASRI kepanjangan dari Aman Sehat rapi Indah, yang merupakan motto Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonosobo berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten, yang merupakan daerah hulu Kali Serayu. Wonosobo dilintasi jalan provinsi yang menghubungkan Semarang-Purwokerto. Tempat wisata alam di Kabupaten Wonosobo adalah: Kawasan Wisata Dieng, Waduk Wadaslintang dan Air Terjun Sikarim.
24.    KABUPATEN PURWOREJO
 Motto Kabupaten Purworejo yaitu “Purworejo Berirama (Bersih,Indah, Rapi, Aman dan Makmur)”. Beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Purworejo yaitu Pantai Ketawang, Pantai Keburuhan (Pasir Puncu), Pantai Jatimalang, Gua Selokarang Gua Sendang Sono, Goa Seplawan, dan Curug Muncar.

25.    KABUPATEN KEBUMEN
  Motto Kabupaten Kebumen adalah “Bhumi Tirta Prajamukti”. Slogan pembangunan Kabupaten Kebumen adalah “Kebumen beriman”, dan Beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Kebumen yaitu Goa Jatijajar, Goa Petruk, Pantai Ayah, dan Pantai Pasir.
26.    KABUPATEN BANJAR NEGARA
 Motto Kabupaten Bajarnegara yaitu  “Wani Memetri Rahayuning Praja”. Kabupaten Banjarnegara mempunyai beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, misalnya: Obyek Wisata Dataran Tinggi Dieng, Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas, dan Arung Jeram Sungai Serayu.

27.    KABUPATEN PURBALINGGA
 Motto Kabupaten Purbalingga yaitu: “Prasetyaning Nayaka Amangun Praja”. Beberapa objek wisata di Kabupaten Purbalingga yaitu Gua Lawa,  Wisata Agro Kebun Strawberry, Purbasari Pancuran Mas", Salah satu tokoh terkenal asal Purbalingga yaitu Jenderal Soedirman, jenderal besar pertama di Indonesia.

28.    KABUPATEN BANYUMAS
 Motto Kabupaten Banyumas adalah : “Rarasing Rasa Wiwaraning Praja”. Beberapa makanan khas Kabupaten Banyumas antara lain : Mendoan tempe, Soto Sokaraja, dan Getuk goreng sokaraja. Sedangkan Beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Banyumas yaitu : Baturaden, Museum Wayang Sendang Mas, dan Telaga Sunyi.
29.    KABUPATEN CILACAP
 Motto  Kabupaten Cilacap adalah “Jala Bumi Wijaya Kusuma Çakti”. Slogan Kabupaten Cilacap yaitu Cilacap Bercahaya. Di Kabupaten Cilacap terdapat beberapa objek wisata yang layak dikunjungi, antara lain: Hutan Payau, Pantai Teluk Penyu, Benteng Pendhem, Gunung Srandil dan Pantai Widara Payung.

30.    KOTA MADYA SEMARANG
Kota Semarang mempunyai julukan sebagai: Venetie van Java, Kota Lumpia, Kota Atlas, dan Semarang Pesona Asia. Wisata yang ada seperti Pantai Marina, Goa Kreo, dan Taman Lele. Sedangkan Makanan khas Semarang antara lain adalah: Bandeng presto, dan Mie Kopyok.
31.    KOTA MADYA MAGELANG
 Motto Kota Magelang adalah Magelang Kota Harapan (hidup, aman, rapi, asri dan nyaman). Beberapa tempat menarik yang ada di Kota Magelang antara lain: Taman Kyai Langgeng, Bukit Tidar dan Taman Badaan.
32.    KOTA MADYA SALATIGA
 Kota Salatiga, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan sepenuhnya dengan Kabupaten Semarang. berada di jalan negara yang menghubungan Semarang-Surakarta. Kota ini berada di lereng timur Gunung Merbabu, sehingga membuat kota ini berudara cukup sejuk.
33.    KOTA MADYA SURAKARTA
 Kota Surakarta biasa disebut dengan nama Kota Solo atau Sala. Semboyan Kota Surakarta adalah "Berseri", akronim dari "Bersih, Sehat, Rapi, dan Indah", sebagai slogan pemeliharaan keindahan kota. Beberapa julukan untuk Kota Solo antara lain Kota Batik, Kota Budaya, dan Kota Liwet.
34.    KOTA MADYA PEKALONGAN
 Motto Kota Pekalongan adalah “BATIK, Bersih,Aman,Tertib,Indah,Komunikatif”.  Pekalongan dikenal mendapat julukan kota batik, karena batik Pekalongan memiliki corak yang khas dan variatif. Kota Pekalongan memiliki pelabuhan perikanan terbesar di Pulau Jawa.
35.  KOTA MADYA TEGAL
 
Motto Kota Tegal adalah “Tegal Kota Bahari”. Beberapa obyek wisata Kota Tegal yang dapat dikunjungi antara lain: Pantai Alam Indah, Wisata air yaitu Gerbang Mas Bahari Waterpark (waterpark terbesar di Jawa Tengah), dan Wisata makanan antara lain: pondok makan jalan teri (pokanjari), serta rumah makan kapal terapung "Lor ing Margi", sedangkan Makanan khas Kota Tegal yaitu tahu aci dan pilus.
IV.             ANALISIS BUDAYA JAWA
Provinsi Jawa Tengah memiliki 29 kabupaten dan 6 kota madya. Semuanya itu tidak terlepas dari keanekaragaman budaya yang ada, mulai dari makanan khas, tempat pariwisata hingga adat istiadat yang dijunjung tinggi oleh para penduduk aslinya. Tugas utama kita sebagai putra daerah masing-masing harus mengenal budaya yang ada, keunikan dan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing daerah, hingga kita harus mampu untuk memelihara, menjaga, serta mengenalkan budaya yang kita miliki kepada dunia luar daerah kita. Sehingga budaya-budaya tersebut pantas untuk kita hargai, kita banggakan dan kita junjung tinggi.

V.                KESIMPULAN

Provinsi Jawa Tengah terletak di tengah-tengah Pulau Jawa dengan luas wilayah sekitar 32.548 km2. Provinsi ini dikelilingi oleh tiga provinsi lainnya di Pulau Jawa, yaitu Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Provinsi Jawa Tengah terdiri dari 29 kabupaten yaitu : Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Jepara, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Karang Anyar, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Cilacap. Selain itu Jawa Tengah juga memiliki 6 Kota Madya yaitu : Kota Madya Semarang, Kota Madya Magelang, Kota Madya Salatiga, Kota Madya Surakarta, Kota Madya Pekalongan dan Kota Madya Tegal.

6 komentar:

  1. wah makasih banyak ams ini bermanfaat nih mantep dah ^_^

    BalasHapus
  2. Walaupun slogan2 nya kabupaten tidak semua rtercantum tp cukup membantu makasihhhhhh

    BalasHapus
  3. Trima ksih aku jadi tmbah pengalman mana yg kabpten dan mana yg kota madya

    BalasHapus
  4. bandarq
    Ligapoker
    KlikQQ
    Prediksi Bola


    bandarq
    Ligapoker
    KlikQQ
    Prediksi Bola
    #206.189.46.152/bandarq/ #206.189.46.152/klikqq/ #klikqq #klikkiu #bandarq #marinabet365.com #ligapoker1

    BalasHapus